Pengadilan Tipikor Segera Tahan Tersangka Korupsi Rahudman Harahap

Pengadilan Tipikor Segera Tahan Tersangka Korupsi Rahudman Harahap
LSM PERINTIS

MEDAN~Besok, Jumat (3/4/2013) merupakan sidang perdana Drs Rahudman Harahap atas kasus korupsi yang menyeret namanya. Terkait dengan kasus pidana ini masyarakat Kota Medan banyak yang melakukan tebak-tebakan soal apakah orang nomor satu di Pemko Medan itu setelah disidangkan selanjutnya akan langsung Ditahan?

Banyak yang meyakini bahwa Rahudman Harahap tidak bakal ditahan mengingat masih buruknya supremasi hukum di negeri ini, namun disisi lain ada juga segelintir pendapat yang meyakini kalau mantan Sekda di Tapsel itu akan ditahan.

Terkait dengan kasus korupsi yang melibatkan Drs Rahudman harahap ini, LSM PERINTIS mendesak agar Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Medan segera menahan tersangka korupsi dana Tunjangan Penghasilan Apartur Pemerintahan Desa (TPAPD) Tapanuli Selatan senilai Rp1,5 miliar saat menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Tapanuli Selatan tahun 2005.

Ungkapan itu disampaikan Ketua DPC LSM PERINTIS Kota Medan, Linda Mariati, SE kepada wartawan di Medan, Kamis (2/4/2013).

“Kami berharap dia (Rahudman-red) langsung ditahan pada persidangan perdananya dalam kasus dugaan korupsi dana Tunjangan Penghasilan Apartur Pemerintahan Desa (TPAPD) Tapanuli Selatan, yang akan digelar Jumat 3 Mei 2013 besok, agar keadilan dan ketidakberpihakan hukum dilihat oleh seluruh warga negara Indonesia,”ujar Linda.

Dikatakan, selama ini hukum di negeri ini sudah sangat tampak ketara bobroknya, jadi agar kepercayaan rakyat muncul maka setiap siapa saja yang bersalah harus dituntut sesuai dengan penerapan hukum yang berlaku.

“Supaya proses hukumnya berjalan objektif dan tidak terkesan berpihak, maka demi hukum Rahudman harus segera ditahan. Selama ini penyelesaian kasus khususnya bagi terpidana korupsi selalu terkesan memihak dan jauh dari rasa keadilan. Sebab tidak sedikit yang terjerat kasus korupsi justru hanya mendapatkan hukuman yang ringan.

“LSM PERINTIS berharap penegak hukum yang terlibat dalam persidangan ini berlaku jujur dan adil, jangan ada lagi dusta dalam kasus Rahudman ini. Kami minta jaksa penuntut umum untuk membuat dakwaan yang benar dan terarah,”tegasnya.

Sementara itu, dari jadwal yang ada disebutkan, kasus dugaan korupsi Rahudman akan berlangsung pada 03 Mei 2013 mendatang. Persidangan tersebut menentukan nasib orang yang saat ini menjabat Walikota Medan tersebut. (Tim)

Dibaca 16 kali